Rabu, 21 Agustus 2013

TUGAS HEROES 2013 FEB UB


TUGAS HARI PERTAMA - 6 September 2013

Tugas Pribadi
a.         Kartu kendali dengan ketentuan:
·           Dibuat dari kertas asturo warna kuning sesuai contoh.
·           Bagian luar yang berwarna kuning ditulis nomor urut dalam garda, nama lengkap, nomor garda, dan nama garda, ditulis dengan menggunakan huruf balok menggunakan spidol kecil warna hitam.
·           Nomor garda dan nomor urut dalam garda ditulis dalam dua digit.
·           Format kartu kendali harus sesuai dengan contoh.
·           Kartu kendali dilipat menjadi dua bagian luar.
b.        Rambut
Laki-laki dengan ketentuan:
·      Rambut harus pendek, rapi, warna asli, dan model standar ukuran samping kiri, samping kanan dan belakang 1 cm, atas 2 cm.

Perempuan dengan ketentuan:
·           Rambut rapi dan warna asli.
·      Untuk rambut panjang yang masih bisa dikepang, dikepang habis menjadi dua bagian masing-masing di belakang diikat dengan karet gelang lalu diikat kembali dengan pita warna kuning dibentuk kupu-kupu dengan lebar 2 cm dan panjang menyesuaikan.
·      Untuk rambut yang tidak bisa dikepang dua bagian, rambut diikat habis menjadi 2 kuncir, masing-masing di belakang  kepala, dan diikat menggunakan karet gelang lalu diikat kembali  dengan pita warna kuning dibentuk kupu-kupu dengan lebar 2 cm dan panjang menyesuaikan.
·           Rambut berponi harus dijepit ke belakang dengan jepitan lidi warna hitam.
·      Peserta perempuan yang berjilbab menggunakan jilbab segi empat yang tidak tembus pandang, warna putih polos, tanpa motif, tanpa bordir, jilbab diberi pita kuning dengan lebar 2 cm dan panjang 13 cm, pita dibentuk kupu-kupu yang disematkan disamping kanan-kiri sesuai ketentuan (di atas telinga).
·           Tepi pita harus rapi.
c.         Dilarang membawa atau menggunakan semua jenis perhiasan dan aksesoris. Untuk peserta yang mengalami mata minus atau silinder harus memakai kacamata (tidak diperbolehkan menggunakan softlens).
d.        Dilarang memakai make up kecuali bedak serta dilarang berkuku panjang dan memakai kuteks.
e.         Pakaian
·      Untuk putra
-          Memakai kemeja putih polos tanpa motif, berkerah, lengan panjang dengan model standar, tidak transparan, dan tidak ketat. Kemeja dimasukkan ke dalam celana hingga ikat pinggang terlihat.
-          Memakai celana hitam berbahan kain, polos, tidak bermotif, tidak mengkilat, model standar (model pipa), dan tidak ketat, dengan panjang celana harus menutupi mata kaki.
-          Memakai ikat pinggang warna hitam, gesper wajar.
-          Membawa topi Universitas Brawijaya.
·      Untuk putri
-          Memakai kemeja putih polos tanpa motif, berkerah, lengan panjang dengan model standar, tidak transparan, dan tidak ketat. Kemeja dimasukkan ke dalam rok hingga ikat pinggang terlihat.
-          Memakai rok hitam berbahan kain, polos, tidak bermotif, tidak mengkilat, model wiru-wiru/rampel/lipit dan tidak ketat, dengan panjang rok harus menutupi mata kaki. Memakai rangkapan legging panjang atau sejenisnya berwarna gelap.
-          Memakai ikat pinggang warna hitam, gesper wajar.
-          Membawa topi Universitas Brawijaya.
f.          Memakai sepatu kets bertali, sepatu dan tali berwarna hitam polos, serta memakai kaos kaki warna putih polos, tidak bermotif, dengan tinggi di atas mata kaki, dan tidak tertutup sepatu.
g.        Membawa koran tiga lembar yang ada kata-kata ”Corporate Social Responsibility” dan kata tersebut harus distabilo warna kuning.
h.        Membawa papan nama pribadi sesuai ketentuan:
·           Terbuat dari kardus yang dilapisi kertas asturo warna kuning sesuai dengan contoh hingga menutupi seluruh bagian kardus.
·           Bagian depan papan nama pribadi tertera tulisan FEB UB, HEROES 2013, pas foto 4x6 cm hitam putih, nama lengkap, jurusan, nomor urut dalam garda 2 digit, nama garda dan nomor garda, semua garis dan tulisan menggunakan spidol besar warna hitam.
·           Papan nama pribadi dibungkus dengan plastik bening polos hingga menutupi seluruh bagian papan nama pribadi.
·           Kedua ujung bagian atas papan nama pribadi diberi lubang untuk menautkan tali rafia warna kuning yang dikepang tiga dengan panjang menyesuaikan.
·           Warna tali rafia sesuai dengan contoh.
·           Format papan nama pribadi sesuai dengan contoh.
·           Tulisan menggunakan huruf balok.
i.          Mengerjakan tugas pribadi terkait PK2MU sesuai dengan yang telah ditentukan, yaitu:
·           Membuat Resume Materi PK2MU. Resume ditulis rapi di buku tugas dengan bolpoin warna hitam, minimal 3 halaman penuh untuk setiap sesi.
·           Membuat ”Diary PK2MU”, yaitu catatan harian mengenai kesan, pesan, maupun kejadian-kejadian yang dialami pada saat mengikuti PK2MU. Diary ditulis tangan di kertas A4 dengan bolpoin warna hitam minimal 1 halaman penuh. Kertas diberi garis atas, kanan, kiri, dan bawah masing-masing 1 cm menggunakan bolpoin warna biru. Diary wajib disertai nama, nama garda, nomor urut dalam garda, dan tanggal penulisan diary pada pojok kanan atas.
j.          Menulis essay tentang ”Membudayakan Kepekaan Sosial Melalui Peranan Mahasiswa dalam Mengatasi Permasalahan Bangsa”.  Essay ditulis dengan bahasa Indonesia di kertas folio bergaris dengan bolpoin warna hitam, setiap halaman diberi garis tepi warna biru pada tepi kanan dan tepi kiri masing-masing 1 cm, essay  minimal 2  halaman folio penuh.
k.        Menulis essay tentang ”Urgensi Keseimbangan Religiusitas dan Intelektualitas Dalam Kehidupan Mahasiswa”.  Essay ditulis dengan bahasa Indonesia di kertas folio bergaris dengan bolpoin warna biru, setiap halaman diberi garis tepi warna hitam pada tepi kanan dan tepi kiri masing-masing 1.5 cm, essay  minimal 2  halaman folio penuh.
l.          Menulis essay tentang ”Pentingnya Pola Hidup Sehat Bagi Mahasiswa Demi Terwujudnya Prestasi”.  Essay ditulis dengan bahasa Indonesia di kertas folio bergaris dengan bolpoin warna hitam, setiap halaman diberi garis tepi warna biru pada tepi kanan dan tepi kiri masing-masing 1 cm, essay  minimal 2  halaman folio penuh.
m.      Mengerjakan tugas  pribadi sesuai dengan yang telah ditentukan, yaitu:
·      Membuat daftar nama masing-masing anggota garda ditulis tangan pada kertas asturo kuning sesuai contoh, ukuran 36 cm x 30 cm, dilipat pada bagian tengah (seperti buku). Pada bagian kertas berwarna putih diberi tabel yang digaris dengan spidol kecil berwarna merah dengan batas dari tepi kertas masing-masing 1 cm pada sisi kanan, sisi kiri, sisi atas, dan sisi bawah. Tabel berisi nama masing-masing anggota garda, tempat tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan tanda tangan. Pada halaman terdepan yang berwarna kuning, ditulis nama, nama garda, dan nomor urut dalam garda, serta foto garda ukuran 4R landscape. Nama anggota garda laki-laki ditulis urut sesuai nomor urut dalam garda menggunakan bolpoin warna hitam dan perempuan memakai bolpoin warna biru.
·      Membuat deskripsi pribadi diri yaitu apakah Korelis, Melankolis, Sanguinis, atau Plegmatis beserta penjelasan mengapa termasuk dalam kategori tersebut. Karangan diketik di kertas A4 dengan margin atas, bawah, kanan, dan kiri 2 cm minimal 1 halaman penuh. Font Times New Roman 12, spasi 1, dan warna font harus hitam.
n.        Mengerjakan tugas  pribadi sesuai dengan yang telah ditentukan, yaitu:
Membuat album foto yang berisikan 17 foto masing-masing bersama 1 orang yang berbeda dari garda lain dengan ketentuan :
1.    Anggota dari garda ganjil dengan garda ganjil lainnya, anggota dari garda genap dengan garda genap lainnya
2.    Album foto dibuat dari kertas A4 dengan margin atas, bawah, kiri, dan kanan 3 cm (Foto langsung diprint di kertas tersebut. Per lembar berisikan 3 foto). Format sesuai dengan contoh.
3.    Foto berukuran 4x6cm potrait dengan biodata orang tersebut di sebelah kanan foto meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor telepon, nama garda, dan tanda tangan
4.         Biodata diketik dengan ketentuan Font Times New Roman 12 dan spasi 1,5 cm
5.    Cover foto album dari kertas A4, desain dibuat sekreatif mungkin dengan mencantumkan judul “ALBUM FOTO HEROES 2013” dan disertakan foto diri close up 8x12cm, nama lengkap, nama garda, nomor garda, dan nomor urut dalam garda.
o.        Membawa buku tugas dan buku catatan berukuran 16 x 21 cm, berisi 72 halaman. Pada pojok kanan atas tiap halaman, diberi lingkaran berdiameter 2 cm yang di dalamnya bertuliskan nomor halaman dengan menggunakan spidol kecil warna hitam. Cover buku tugas berwarna kuning, dan cover buku catatan berwarna merah putih. Format buku tugas dan catatan harus sesuai dengan contoh.
p.        Membawa handbook HEROES 2013 (jika telah diberi)
q.        Membawa dua buah bolpoin bermerk HEROES 2013, 1 buah berwarna hitam dengan tinta biru dan 1 buah berwarna biru dengan tinta hitam.
r.          Membawa peralatan ibadah:
·           Islam: Laki-laki membawa sarung dengan sajadah. Wanita membawa mukena dengan sajadah (bagi yang berhalangan tetap membawa). Membawa 1,5 L air mineral untuk air wudhu. Membawa sandal jepit.
·           Kristen dan katolik : tidak membawa.
·           Hindu dan Budha: tidak membawa.
s.         Untuk sarapan membawa:
       Membawa 2 potong roti tawar yang ditumpuk dengan isi bebas, roti dimasukkan ke dalam plastik bening ukuran 1 kg. Membawa 1 buah apel warna hijau yang dimasukkan ke dalam plastik bening ukuran 1 kg.
t.          Membawa dua botol air minum ukuran 600 ml, satu botol berisi air mineral dan satu botol berisi teh manis. Botol diisi penuh hingga leher botol, label diganti dengan nama / garda / no. garda dua digit ditulis menggunakan spidol kecil warna hitam dan dengan huruf balok, ditulis di atas kertas asturo kuning panjang melingkar dengan lebar 4 cm dan dilapisi dengan selotip bening besar.
u.        Membawa 1 buku pengetahuan SD/SMP/SMA untuk disumbangkan, jas hujan berwarna kuning, dan masker.
v.        Membawa tas ransel warna hitam polos dengan hiasan gantungan kunci yang terbuat dari botol air mineral kosong berukuran 330 ml. Botol diberi label diganti dengan nama / garda / nomor garda dua digit ditulis menggunakan spidol kecil warna hitam dan dengan huruf balok, ditulis di atas kertas asturo kuning panjang melingkar dengan lebar 4 cm dan dilapisi dengan selotip bening besar. Botol digantungkan pada resleting dengan cara tutup botol dilubangi dan dikaitkan pada badan botol menggunakan rafia warna kuning dikepang 3 (tiga). Pada tas tidak diperbolehkan ada hiasan-hiasan lain selain yang telah ditentukan.
w.      Membawa tugas garda sesuai yang telah ditugaskan.
x.        Dilarang membawa barang-barang selain ketentuan kecuali dompet, kunci tempat tinggal, dan obat-obatan pribadi sesuai resep dokter.
y.        Peserta dilarang terlambat serta dilarang dijemput dan diantar atau membawa kendaraan dalam batas-batas berikut :
·           Batas utara    : Jembatan Sukarno-Hatta
·           Batas barat    : Pertigaan FIA
·           Batas selatan : Gerbang Utama
·           Batas timur    : BNI  
z.         Membawa papan nama garda sesuai dengan format dan ketentuan.


Download bentuk PDF :  TUGAS HEROES 2013.pdf

2 komentar: